Senin, 27 Januari 2014

Pencarian SpOG

Setelah 4 Agustus 2013 lalu diketahui dua garis strip di test pack (yang artinya aku positif hamil), maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang SpOG (dokter kandungan) dan tempat periksa serta bersalin di Yogyakarta.
Ternyata... Tak semudah merebus air lho, readers!
Kumulai mengumpulkan informasi dari teman-teman yang sedang gamil, sudah pernah melahirkan, teman kerja, teman kuliah, maupun om Google juga terlibat. Untuk urusan ini, aku dan suami sepakat untuk menggunakan SpOG wanita dan (kalau bisa) muslim. Begitu pula dengan Rumah Sakit Bersalinnya, dan jaraknya yang dekat dengan rumah, juga biaya yang ringan di kantong dengan kualitas yang bagus.

Alhasil, aku mendapatkan banyak informasi yang sangat membantuku menentukan pilihan.
Berikut ini beberapa informasi Rumah Sakit atau Tempat Bersalin dan SpOG yang kudapatkan :

1. RS Panti Rapih;
Lokasinya dekat dengan kantorku bekerja, cukup dekat dengan rumah tinggalku, yaitu di dekat Bunderan UGM. Tempatnya bersih, pelayanannya bagus (menurut informasi dari teman yang pernah melahirkan disana), dokter profesional. Namun dari informasi yang kudapatkan, biaya disana agak tinggi. Kutampung dulu informasi ini.

2. RS Sardjito;
Lokasinya dekat sekali dengan tempatku bekerja, dan kurang lebih 9 km dari rumah. Aku mendapatkan informasi ini dari teman kuliahku yang waktu itu sedang hamil juga dan periksa di sini. Ada klinik khusus di RS Sardjito untuk melayani kehamilan/ persalinan yaitu Permata Hati. Tapi mmm... tarif disana tinggi (katanya). Kusimpan dulu lah sebagai bahan referensi.

3. RS PKU Muhammadiyah;
Jika menginginkan SpOG wanita, disini salah satunya. dr. Muzayanah. Selain itu di sini adalah RS Muslim. Namun karena menurutku jaraknya yang cukup jauh dari rumah (dekat Malioboro atau sekitar 14 km), maka diam-diam aku mencoret nya. Hehehe...

4. RS Bersalin Sakina Idaman;
Informasi ini kudapatkan dari teman kerjaku dan dosenku yang pernah konsultasi dan melahirkan disana. Di RS ini juga ada SpOG wanita. Lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah, yaitu di Jalan Monumen Jogja Kembali. Tarifnya juga sudah kudapatkan, yaaah... sementara simpan dulu :)

5. Klinik Bersalin di daerah patang Puluhan;
Informasi ini kudapatkan dari adik kelasku yang pernah melahirkan disana, namun segera kuputuskan untuk tidak memasukkannya dalam nominasi karena jarak yang cukup jauh dari rumah dan SpOG nya pria.

6. Klinik Bersalin di Jalan Godean;
Informasi ini kudapatkan dari adik kelasku juga, tarifnya katanya murah sekali, namun akhirnya kuputuskan juga untuk tidak menggunakannya karena jarak yang jauh dari rumah.

7. RS Jogja International Hospital;
Beberapa teman menyarankan untuk menggunakan Rumah Sakit dan SpOG di sini, karena lokasinya yang dekat dengan rumah (di Ring Road Utara), pelayanan bagus, alat modern, SpOG juga ada wanita.
Namun, menurut informasi dari berbagai sumber, biaya di RS ini sangat tinggi. Bisa hingga 3x lipat dibandingkan di tempat lain.

8. RSKIA Sadewa.
Informasi ini kudapatkan dari beberapa temanku. Menurut informasi mereka, ada RS bersalin yang pelayanannya bagus, tarifnya murah dan ada SpOG wanita yaitu di RSKIA Sadewa ini. Lokasinya juga tidak jauh dari rumah (di Babarsari).
Dari informasi-informasi yang kudapatkan tentang RS ini, sepertinya 60% sudah klik di sini. Selanjutnya kucaritahu siapa saja SpOG dan yang recommended. Beberapa teman yang memberitahuku, menyebutkan dr. Yasmini Fitriyati, SpOG. Dokter ini wanita (sesuai kriteria yang kucari), muslim (yes), dan katanya ramah, baik hati (nice dong! harapanku).
Selain beliau, beberapa temanku memberitahu nama-nama SpOG lain yang ada disana, antara lain dr. Hasto Wardoyo, SpOG., dr. Shofwal Widad, SpOG, dll. Karena ada teman sekantor juga yang periksa kandungan di RSKIA Sadewa ini jadi cukup komplit informasi yang kudapatkan.

Setiap informasi yang kudapatkan selalu kusampaikan kepada suami dan kami pertimbangkan berdua.
Akhirnya pilihan kami jatuh pada yang terakhir yaitu di RSKIA Sadewa (SEMAR) dengan SpOG dr. Yasmini Fitriyati, SpOG. Dengan pertimbangan kualitas bagus, lokasi terjangkau dari rumah, SpOG wanita dan muslim serta biaya terjangkau. Untuk anak, apalagi anak pertama kami sepakat untuk mendapatkan dan memberikan yang terbaik untuk calon anak kami. Aamiin.
Dan ternyata pemilik RS ini adalah salah satu SpOG di RS ini juga dan beliau juga menjavat sebagai Bupati Kulonprogo, dr. Hasto Wardoyo, SpOG.

Segera setelah kami memutuskannya, kami pergi kesana untuk memeriksakan kehamilanku (versi medis) :)
Ini lho... RSKIA Sadewa (SEMAR) yang menghadap ke timur. Lokasinya tidak terlalu luas, dengan bangunan 3 lantai.

Gambar diambil dari website RSKIA Sadewa : www.rskiasadewa.com

-Memmy-

1 komentar: