Senin, 27 Januari 2014

Kunjungan Pertama, RSKIA Sadewa - dr. Yasmini Fitriyati, SpOG

Lanjutan tulisan sebelumnya... :D

Tepatnya lanjutan kisah atau awal perjalanan kisah, ya?
Baiknya gimana, yang penting lanjut saja. Hehehe.

Tanggal 22 Agustus 2013, hari Kamis. Hari pertama kami melakukan kunjungan ke SpOG, untuk memastikan apakah aku benar-benar positif hamil? (secara medis)
Sebelumnya, aku ke RS untuk menanyakan informasi jadwal praktek SpOG dan mencari tahu informasi lainnya.
Dari brosur yang kudapatkan, kami jadi tahu jadwal praktek SpOG dan peraturan untuk periksa SpOG.
Diantaranya adalah untuk dapat periksa atau berkonsultasi ke dokter harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.
Mendaftar sebagai calon pasien RSKIA Sadewa (diberikan kartu pasien), yang berisi, dan mendaftar sebagai pasien SpOG siapa.
Berikut ini adalah kartu pasien RSKIA Sadewa.

Kemudian mendaftar kunjungan kepada SpOG siapa, dilayani mulai pukul 07.00 via telepon maupun datang langsung. Lebih baik daftar langsung di receptionist RSKIA Sadewa, karena line telepon sangat sibuk pada jam pendaftaran ini.
Kemudian setiap pasien mendapatkan kartu berwarna hijau sebagai kartu pemeriksaan dan kartu ini nantinya ditinggal di RS, diisi oleh SpOG tentang perkembangan kehamilan.
Isi kartu ini diantaranya adalah tanggal kunjungan (diisi oleh recepcionist), tekanan darah pasien (diisi oleh perawat), hasil pemeriksaan (diisi oleh SpOG).

Kunjungan pertama waktu itu aku lupa mendapatkan nomor antrian berapa. dr. Yasmini mulai praktek jam 13.00. Berarti aku harus izin meninggalkan kantor sebelum jam tersebut. Untungnya rekan kerja dan atasan kantorku sangat toleransi dan memberikan izin.
Dengan didampingi suami, kami pun menanti giliran diperiksa. Pemeriksaan kali ini, kami hanya ingin memastikan apakah aku benar-benar positif hamil sambil membawa bukti test pack yang bergaris strip 2 itu dan menunjukkannya ke dokter.
Sebelum diperiksa SpOG, pasien wajib mengukur tekanan darah dan berat badan dengan perawat. Hasil pemeriksaan, tekanan darahku normal yaitu 110/70 dengan berat badan 49 kg. Selain itu ditanyakan pula kapan HPHT (Hari Pertama Haid terakhir) untuk mengetahui prediksi HPL (Hari Perkiraan Lahir). Untungnya... Aku masih ingat betul HPHT :D

Tibalah giliranku diperiksa. First sight dengan dr. Yasmini >> Keibuan, berjilbab, kalem, tidak banyak bicara. Kami cocok saja dengan performance beliau :)
Kami pun mengutarakan maksud kami, tidak banyak percakapan, dokter dengan dibantu asistennya membimbingku ke bed periksa dan meng USG perutku. Ini pertama kalinya aku di USG :D
Alhamdulillaah... Hasilnya benar! Aku positif akan menjadi ibu.
Ini hasil USG nya... Janin sudah berumur 8W +- 3D (W = week = minggu, D = day = hari).

Aku dan suami tersenyum bahagia, sambil terus berusaha menggali informasi sebanyak-banyaknya dari foto USG yang kami dapatkan.
Kunjungan pertama ini tidak lama, karena kami belum tau dan belum menyiapkan pertanyaan apalagi yang perlu kami tanyakan kepada dokter. Dokter berpesan untuk hati-hati dan jaga kesehatan, memberikan suplemen asam folat (folacom) sebanyak 30 tablet kecil yang harus diminum setiap hari 1 tablet dan meminta kami kembali periksa sebulan kemudian.
Sepanjang jalan hingga sampai rumah, suami terus bercanda "Kok ga ada yang mengucapkan "Selamat! Anda akan jadi Ayah."" seperti di TV atau sinetron-sinetron. Minimal dokternya.
Hahaha... Ada-ada saja lho :p

-Memmy-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar