Selasa, 29 Januari 2013

Pantai Indrayanti, Kuta-nya Jogja

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Indrayanti ini belum lama "ngeksis" di Yogyakarta. Namun, hingga saat ini Pantai Indrayanti menjadi sangat populer untuk turis lokal, domestik dalam kota Yogyakarta, kota-kota lain maupun mancanegara.
Pantai Indrayanti berlokasi di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia tepatnya pada koordinat GPS S8°9'1.22" E110°36'44.1".
Hari Minggu kemarin saya bersama adik sepupu menyempatkan diri untuk berekreasi menikmati keindahan pantai Indrayanti ini. Sempat terdorong oleh penasaran juga, "Kayak mana sih Pantai Indrayanti yang kata orang bagus itu?"
Minggu pagi kami berangkat dari rumah menuju Pasar Pagi di Lembah UGM untuk sarapan, kemudian tepat jam setengah 10 kami meluncur ke Pantai Indrayanti. Dengan berbekal petunjuk via SMS yang saya dapat dari teman, kami melaju menuju Pantai Indrayanti.
Alhamdulillah.. Petunjuknya akurat, tanpa nyasar. Dan sampailah kami di gerbang masuk, membeli karcis masuk area pantai per orang Rp 5.000,-. Karcis ini dapat digunakan untuk memasuki pantai-pantai lain.

Di Gunung Kidul memang terdapat banyak pantai. Pantai-pantai tersebut ada yang sudah dibuka untuk wisatawan dan dikomersialkan maupun yang belum dikembangkan. Diantaranya adalah (urut dari yang terletak paling barat atau paling dekat dengan Loket Penjualan Karcis Masuk) Pantai Baron, Pantai, Kukup, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Sundak kemudian Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti ini terletak kurang lebih 8 km dari Pantai Baron.

Sesampai di Pantai Indrayanti, kurang lebih jam 11.00. Terasa lebih rileks menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih, karang, arus ombak yang deras khas pantai selatan. Sekilas terbayang Pantai Tanah Lot dan Pantai Kuta di Bali, karena view dan suasana di Pantai Indrayanti ini memang mirip dengan kedua pantai tersebut.
Cuaca cerah yang tidak terik menambah semangat untuk lebih dalam mengenal pantai ini. Dengan pengunjung yang sudah ramai sekali, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua, laki-laki perempuan, muda-mudi berpacaran sampai keluarga. Dan mereka punya cara masing-masing untuk menikmati pantai.
Ada yang berenang dan main air di pinggir-pinggir pantai, ada yang beramai-ramai mengubur salah satu temannya dengan pasir laut, ada yang berfoto ria, ada pula yang duduk santai di tepi pantai menikmati pemandangan di depannya dengan payung dan beralaskan tikar sambil memakan bekal makanan yang mereka bawa, dan lain sebagainya.

Salah satu fasilitas di Pantai Indrayanti yang tidak terdapat di pantai-pantai lain di Yogyakarta adalah terdapat payung-payung beserta tikarnya yang disewakan di pinggir-pinggir pantai. Hanya dengan Rp 20.000,- wisatawan dapat bersantai dan menikmati pantai di atas tikar dan tidak kepanasan karena terlindungi payung, sepuasnya, tidak ada batasan waktu. Ada fasilitas lain persewaan Jet Sky. Wisatawan dapat mengarungi Pantai Indrayanti dengan menggunakan Jet Sky. Namun, perlu hati-hati karena derasnya ombak di pantai ini. So Cozy, bukan?

Selain itu, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dari atas tebing. Untuk menuju kesana dapat dengan jalan kaki. dari atas tebing dapat menikmati pemandangan lepas pantai maupun pemandangan wisatawan di tepi pantai. Very nice and comfortable pokoknya...

Foto : View Pantai Indrayanti dari atas tebing (Diambil dengan Kamera Lenovo IdeaPhone S880, 27 Jan 2013 Pukul 11.06 WIB)

Pantai Indrayanti ini memang sudah dikembangkan untuk pariwisata dan komersial. Didukung dengan fasilitas tempat makan, resto yang menyajikan hidangan ala pantai yaitu beragam masakan ikan maupun sea food, pedagang-pedagang asongan yang menjual minuman, snack, mie instant, kopi, soft drink maupun kelapa muda. Pedagang-pedagang tersebut menempati warung kecil mereka di tepi pantai dan untuk resto berlokasi di tepi pantai atau di sekitar pantai dengan pengunjung tetap dapat menikmati view pantai di depannya. Harga yang mereka berikan cukup terjangkau. Misalnya saja kelapa muda (utuh dari buahnya) Rp 8.000,-, Nasi Cumi goreng tepung Rp 24.000,-, Nasi ikan crispy Rp 18.000,-, Air mineral Rp 5.000,-, dan sebagainya.
Di sekitar pantai terdapat homestay, pondok-pondok penginapan untuk wisatawan.
Dengan area parkir yang luas, di Pantai Indrayanti mampu untuk menampung motor, mobil, maupun bus para wisatawan.
Fasilitas pendukung lainnya yaitu adanya kios-kios souvenir atau cinderamata khas pantai ini. Misalnya kaos dengan sablon tulisan dan gambar pantai Indrayanti, topi, kacamata, dan sebagainya. Harganya juga sangat terjangkau.

Yang menurut saya masih kurang dari keberadaan Pantai Indrayanti ini dan dapat dijadikan masukan untuk pembangunan dan perkembangan selanjutnya adalah akses atau prasarana jalan menuju kesana. Jalan menuju ke Pantai Indrayanti (atau pantai-pantai lain di Gunung Kidul) sempit. Dengan kondisi medan yang berkelok-kelok, lebar jalannya hanya dapat untuk dilewati sebuah bus. Sehingga apabila terjadi simpangan bus dengan bus, bus dengan mobil harus salah satu mengalah atau berhenti dahulu dan kembali berjalan setelah kendaraan yang lainnya sudah lewat.
Selain itu, perlu ditambahnya petunjuk arah menuju Pantai Indrayanti ini.

Bagi para wisatawan, adventurer, atau yang bingung mau liburan kemana...
Pantai Indrayanti ini dapat dijadikan salah satu referensi tempat wisata yang terjangkau jaraknya maupun ongkosnya. Gak perlu jauh-jauh dan dalem-dalem ngerogoh kocek buat ke Bali deeeh... Cukup ada disini, Jogja kita sendiri... :D



-Memmy-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar