Senin, 24 Oktober 2011

Cantik

A : “kamu cantik ya!”
B : “iyalah… cewe ya cantik, masa ganteng? Hehehe”.
A : “haahhh???” (melongo Mode On)

Jawaban yang santai, simple dan masuk akal bukan?
Setiap wanita tentu ingin dinilai cantik, ingin terlihat cantik dan berusaha selalu tampil cantik. Setiap orang mempunyai pemikiran yang berbeda-beda untuk mendefinisikan kriteria untuk seorang wanita bisa dikatakan cantik. Tapi seperti apa sebenarnya wanita cantik itu?

Menurut saya, cantik adalah kombinasi antara smart, pe-de, mandiri dan berkarakter.
1. Smart
Smart berarti pintar, berpengetahuan luas sehingga nyambung ngobrol bahas topik apa aja. Pintar nggak harus juara 1 sekelas, sekabupaten, se-Indonesia atau sedunia, tapi bisa membawa suasana. Bisa menempatkan diri pada situasi, tangkas merespon keadaan sekitar.

2. Percaya Diri (Pe-De)
Wanita yang percaya diri itu terlihat cantik. Wanita sensitif dengan masalah berat badan. Yang merasa berat badannya lebih, pengen bisa lebih langsing, yang merasa kurus pengen tambah gemuk. Pengen punya tubuh yang proporsional lah intinya. Girls, Pe-De aja lagi! Justru dengan Pe-De, kita terlihat cantik. Nggak perlu mempermasalahkan kekurangan, tapi yang lebih penting adalah bisa menjadikannya sebagai kelebihan dengan Pe-De. Awas! Kalo percaya diri nya berlebihan itu namanya narsis. Beda tipis lho antara Pe-De sama narsis. Hehehe…

3. Mandiri
Ada pembicaraan antara dua orang (cewek dan cowok):
Cowok : “Aku suka kamu, kamu cewek yang mandiri dan ga manja. Kamu bisa kemana-mana sendiri.”
Cewek : “Oh, thanks ya. Hehe… Tapi bukannya cowok itu seneng kalo ceweknya manja?”
Cowok : “Tergantung manjanya seperti apa. Kalo manjanya ‘menye-menye’ ya guwak kalen wae”
Cewek : “Hahaha…” *ngakak denger statement nya.
Tahu kan girls kalo cowok itu seneng sama cewek yang cantik. Nah, kalau mandiri jadi salah satu kriteria sebagai cewek cantik, ga ada salahnya kan kalo kita mandiri? Manfaat mandiri selain membuat simpatik cowok yang kamu sukai, juga bermanfaat buat diri sendiri. Sebaiknya jangan bergantung kepada orang lain terus. Karena segala sesuatu di dunia ini hanya sementara :).

4. Berkarakter
Cantik itu yang berkulit putih bersih, tinggi semampai, body bagus, langsing, rambut panjang, dan lain-lain. Kebanyakan orang menilai cantik adalah seperti tersebut. Hal ini adalah cantik secara fisik (power of sexuality). Lebih dari itu, kriteria wanita cantik adalah berkarakter. Di jaman sekarang, mudah sekali kita temui wanita yang seperti itu. Sekarang malah susah mencari wanita yang ngga cantik. Pusat-pusat kecantikan, dokter kecantikan, perawatan-perawatan tubuh dan kecantikan dari salon, dan sebagainya, teknologi dan trend model pakaian serta accessories menawarkan sesuatu yang dapat mengubah penampilan wanita menjadi cantik. Dengan harga bersaing dan cukup terjangkau. Siapa saja bisa menjadi cantik, siapa saja bisa menjadi artis. Hehehe… Karena kalau dulu artis ya itu-itu saja, sekarang artis dimana-mana dan siapa saja bisa jadi artis, entah cuma semusim.
Kembali lagi ke cantik yang berkarakter. Seorang wanita identik dengan kasih sayang, lemah lembut, perhatian, pandai merawat diri sendiri maupun orang lain, telaten, dan sebagainya. Nah, karakter-karakter tersebutlah yang biasa dijadikan kriteria untuk menilai kecantikan. Namun di luar itu, ada sisi lain yang tidak mengharuskan seseorang dikatakan cantik karena hal-hal tersebut. Mungkin seorang cewek yang cuek, kulit hitam manis, penampilan apa adanya tanpa make-up, pakaian ngga up to date, care, ga cengeng, adventurer menyukai kegiatan-kegiatan memacu adrenaline dan petualang sejati, mau mendengar, solutif, murah senyum, ramah, dan lain-lain yang bisa menarik simpatik orang, yang bisa membuat dirinya terlihat cantik. Hal ini karena karakternya yang berkepribadian, apa adanya, tidak dibuat-buat, herself. Jadilah dirimu sendiri. Satu yang perlu kita ingat : “Setiap wanita adalah cantik apa adanya”.

Jadi, nggak perlu ke salon atau ke pusat-pusat kecantikan dan ngerogoh kocek mahal-mahal buat cantik kan? Kecantikan fisik yang nampak seperti kulit putih, rambut panjang, tinggi semampai, body langsing dan seksi berisi, dan sebagainya itu adalah Power of Sexuality yang dapat hilang seiring dengan bertambahnya usia dan faktor-faktor yang tak terduga. Namun Power of Inner Beauty (4 hal yang kusebutkan di atas) tak akan lapuk termakan apapun dan tidak dijual bebas di pasar. Hanya kita sendirilah yang bisa mengusahakannya, girls! Love yourself, every girl is beautiful as herself.

-Memmy-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar